FREEZER FREON KE PELTIER

Konversi freezer yang terbuat dari system pendingin gas freon menjadi freezer dengan system pendingin dari elemen peltier diharapkan dapat mengurangi jumlah pemakaian gas sebagai bahan pendingin, selain dari pada itu setiap orang tidak perlu lagi pergi membawa freezer ke bengkel khusus untuk keperluan perbaikan, pekerjaan ini dapat dilakukan sendiri dengan mudah. Urutan kerja berikut ini adalah proses awal pengubahan, bahan utama adalah freezer dari system pendingin freon yang sudah rusak. 

Freezer dari system pendingin freon yang rusak (tidak bisa lagi dingin), pada contoh ini kerusakan terletak pada kompressor, kalau di beli kompressor baru dan isi gas freon kembali ditambah ongkos pasang hampir sama biayanya dengan membeli frezer yang baru.
Bagusnya kompressor dibuka saja dan digantikan dengan elemen Peltier, dalam hal ini yang digunakan adalah elemen Peltier type 12726. Angka 26 adalah arus maksimum yang dapat dilewatkan pada elemen Peltier, berarti dapat mencapai 350 watts, sementara yang diperlukan hanya sekitar 150 watts saja.  
   Bagian belakang pada tempat dimana kompressor diletakkan, dibuat lobang sebesar elemen Peltier yang digunakan, yaitu sekitar 5cm x5cm.


Dari urutan gambar diatas, dapatlah dengan mudah dimengerti cara membuatkan tempat untuk elemen Peltier, sekaligus tempat untuk sirip pendingin dan kipas untuk pendingin sirip aluminium. Bagian luar dan bagian dalam freezer pada bagian bawah dari kotak freezer.
Gambar disamping adalah elemen peltier yang digunakan yaitu type 12726, dan aluminium pendingin baik untuk sisi panas maupun untuk sisi dingin  
Pada kedua bagian sisi dari elemen Peltier diberi silicon thermo glue untuk menjamin perpindahan panas yang baik dari sisi peltier ke siisi aluminium.

Selanjutnya elemen Peltier dengan sirip aluminum dipasang ke bagian kotak freezer yang sudah dilobangi tadi, seperti berikut ini,

Pertama sekali element Peltier dipasang dari bagian belakang dengan bagian sisi panas juga pada bagian belakang, dengan sirip aluminium.
Kemudian pada bagian dalam dipasang juga sisip aluminium dengan terlebih dahulu melapis permukaan element Peltier dengan silicon thermo gllue.

Selanjutnya dipasang satu unit kipas angin untuk mengatus sirkulasi udara dan mendinginkan seluruh ruangan.
Rak untuk tempat buah-buahan dipasang kembali pada tempatnya.  

Pada bagian luar pada sisi pembuangan panas adalah sebagai berikut:

pemasangan sirip aluminium pada bagian belakang, jangan lupa untuk melapis bagian bagian yang  berlobang ke bagian dalam dengan silicon pasta yang biasa digunakan untuk membuat aquarium. Hal ini diperlukan agar panas dari luar tidak masuk kedalam ruangan yang didinginkan, juga sekaligus udara yang sduah didinginkan tidak keluar dari bagian-bagian yang bocor.
untuk mendinginkan sirip aluminium dipasang dua kipas untuk menjaga sirip tersebut tetap mampu menyerap panas dari bagian dalam ruang yang mau didinginkan.

 

Berikutnya adalah rangkaian power supply untuk keperluan element Peltier dan kipas angin.

Secara tiori maupun praktek, element Peltier tidak boleh dipaksa bekerja 100% karena pada saat itu tidak hanya efek Peltier yang bekerja, tetapi juga efek Joule, sehingga pada keadaan itu pendinginan tidak lagi bekerja sesuai dengan yang diharapkan. Panas yang seharusnya dibuang melalui sisi panas sebagian akan pindah ke sisi dingin. Semakin rendah nilai kerja akan semakin baik, pada prakteknya pada pemakaian 40% masih baik.

Jika element Peltier dengan spesifikasi 12726 pada datasheet, yang jika digunakan sepenuhnya 100% berarti sekitar 350 watts, sementara jika digunakan sekitar 40% berarti daya pada element Peltier akan sekitar 150 watts. nilai tersebut sudah cukuplah untuk membuat freezer, lagi pula freezer komersil yang dijual dipasaran untuk volume ruang 150 liter hanya bekerja pada daya 150 watts. Pengaturan arus dan tegangan dengan metode pada diagram block diatas dapat mengatur kerja element Peltier pada operasional kerja yang diperlukan.

Regulator tegangan dan regulator arus dapat dipergunakan IC LM350 yang type logam yang sanggup mensupply arus sebesar 5A, jika malas menggunakan transistor penguat, LM350 dapat diparallel sebanyak yang diperlukan, hanya saja jangan lupa diserikan dengan diode pada outputnya.

Untuk menghitung tegangan output dapat dilihat pada datasheet LM350, rumus umum adalah sebagai berikut:

Vo = ( 1 + (R2/R1) * 1.25 Volt

 

Nilai R1 dapat dilihat pada datasheet LM350, tetapi rumus umum dapat digunakan sbb:

Arus (I) = 1.25 V / R1

Walaupun body dari LM350 sudah terbuat dari logam, jangan lupa memasang heatsink yang cukup untuk menyerap panas yang terjadi.