WIRELESS ENERGY_1

Rangkaian dasar dari inductive heating yang sedikit diubah sehingga menjadi detektor logam, dan diubah sedikit lagi sehingga bekerja sebagai pemancar energy tanpa kabel.

 
  Gambar rangkaian pada rangkaian wireless enegy bagian pertama dan bagian kedua adalah sama, yang membuat perbedaan adalah tegangan batere dan MOSFET, pada bagian ini menggunakan batere kering 6 vot, dan MOSFET yang digunakan adalah IRF540, sementara pada bagian wireless energy bagian kedua menggunakan MOSFET IRFZ260, dan tegangan batere 12 volt. Perbedaan yang lain adalah jumlah lilitan primer dan sekunder dan diameter kawat juga berbeda, tetapi jumlah lilitan tidak begitu kritis, tidak mesti sama dengan jumlah lilitan yang dituliskan pada skema. Pada dasarnya berapa saja pun bisa dan rangkaian akan bekerja. Ada rumus untuk mendapatkan hasil yang ideal tetapi rumus-rumusnya rumit dan membuat kepala botak saja.

 

 

 

Rangkain dasar adalah rangkaian inductive heating (pemanas induksi) yang dimodifikasi sehingga bekerja sebagai induktor yang sama seperti inverter atau transformator tanpa inti besi.

 

Rangkaian pemancar diletakkan pada bagian bawah, dan bagian penerima diletakkan pada bagian atas acrylic yang berwarna putih susu. Induksi akan menembus acrylic sampai jarak 12 cm.