WIRELESS ENERGY_3

Wireless energy sederhana, bagian ke 3 ini menggunakan IC NE555 sebagai oscillator dan JK flip-flop sebagai pembagi dua untuk mendapatkan lebar pulsa yang simetris pada Q dan Q' untuk selanjutnya diteruskan ke transistor dan power MOSFET.

Secara keseluruhan rangkaiannya sama dengan dengan rangkaian pada bagian pertama dan bagian kedua, yang menjadi perbedaan hanya pada bagian osilatornya saja. Disini rangkaian osilator nya digunakan IC NE555, karena ada permintaan melalui email dari siswa/siswi tingkat SMP dan SMA juga STM, dimana mereka belum tahu cara menggunakan mikrokontroller, sementara ingin sekali membuat proyek wireless energy sederhana seperti yang ditampilkan pada video.
Bagian penerima ditambah rangkaian penyearah dengan tujuan untuk dapat mengukur tegangan output sampai pada batas terjauh, tidak hanya dengan melihat nyala led saja.
 

 Rangkaian pada penerima adalah sebagai berikut

Capasitor 0.33 uF adalah capasitor non polar, bisa juga diambil dari capasitor kipas angin, 4 dioda disusun sebagai jembatan untuk menyearahkan tegangan yang masuk, sementara R 10 k bekerja membuang tegangan lebih dari capasitor C2.

Rangkaian pada bagian oscillator adalah sbb:

Nilai R dan nilai C tidak mesti sesuai dengan pada skema, misalnya R 1k bisa saja 1k2, 1k5, 2k sesuaikan saja dengan komponen yang tersedia dikotak komponen anda. Demikian juga dengan C3, C4, pada rangkaian tertulis 0.1 uF, (100n) nilai ini juga tidak mutlak, boleh lebih kecil atau lebih besar sampai sekitar 100 %, resistor pada output JK flip-flop juga bisa 4k7 sampai 33k, karena fungsinya hanya sebagai pull-up resistor. JK flip-flop dalam hal ini fungsinya hanya untuk mendapatkan tegangan simitris berlawan fasa pada output Q dan Q'. 

 

kawat tembaga dililit dengan diameter 3.2 mm dililit 6 lilitan, ct, 6 lilitan kemudian dibungkus dengan perekat isolator agar lilitan kawat tersusun padat.

 

perekat untuk mengikat kawat tidak mesti isolasi, yang penting dapat membuat kumparan tersusun rapi.

 

 

 

pada gambar disebelah kiri adalah ini foto dari dekat pada bagian osilator.

dan pada gambar sebelah kanan adalah foto dari dekat pada bagian penguat akhir yang menggunakan MOSFET IRFP260, dan capasitor jenis non polar dengan masing masing 0.33 uF.